Langsung ke konten utama

Mengapa memilih Turki?

Turki, adalah salah satu negara impian yang ingin saya kunjungi selain Saudi Arabia (Mekkah, madinah). Nah, ini saya coba utarakan alasan mengapa saya sangat suka dengan negara ini, 
banyak orang bertanya...
''lho kok Turki? apa yang menarik dari Turki?''
''kenapa mesti turki? kok ga australia, eropa?''

sejak masih SMA saya memang sudah suka dengan negara satu ini, awalnya tertarik karena melihat acara travelling yang kebetulan berada di Turki, kemudian membaca novel Kang Abik (Habiburrahman El-Shirazy), betapa indahnya beliau mendeskripsikan tentang Timur Tengah, seakan-akan aku sedang berada di sana, menjelajahi setiap sudut yang ia ceritakan.

saya tidak tau Turki, yang saya tau Konstantinopel, saya jatuh cinta pada kota ini… bukan pada Turki (saat itu). Setelah tau ternyata Konstantinopel berganti nama jadi Istanbul dan itu terletak di Turki, saya jadi makin suka Turki. Entah kenapa, pokoknya suka Turki titik. Hanya itu… tidak lebih. Alasannya abstrak kan, tak bisa dijelaskan kata-kata.

selain hanya jalan-jalan tujuan saya yang lain adalah melanjutkan studi. semoga secepatnya saya mendapat kesempatan untuk bertandang kenegara paman Erdogan, Aamiin

Lebih dari karena letak geografisnya yang strategis (ada di dua benua, Asia dan Eropa).satu-satunya negara yang berada di 2 benua, pasti keanekaragaman budaya sangat banyak.
Lebih dari karena panorama alamnya yang indah, membuat takjub dan betah.
Lebih dari karena bangunannya yang gagah dan bersejarah dan peradaban islam,
Lebih dari karena pesona orang-orang Turki yang cantik dan tampan (beberapa temanku pengen kesana karena ini hihi :P

Lebih dari itu..
pertama, 
Turkey, Negerinya Panglima Perang penakluk Konstantinopel yang begitu tersohor di penjuru dunia. Apalagi bagi para ikhwah di Indonesia. Bahkan dulu Istanbul pernah menjadi pusat pemerintahan di zaman kekhalifahan, lengkap dengan Gereja yang ditaklukkannya sehingga menjadi Masjid Hagia Sophia yang sekarang dijadikan museum. Rasanya dari SMA saya benar-benar ingin kesana. 

Rasanya tidak heran kalau Orang Turki bangga sekali akan negaranya. Turki adalah negara yang mempunyai bagian Eropa dan Asia yang dipisahkan oleh selat Bhosporus yang terkenal. Selain itu mereka mempunyai beberapa bagian yang mendapat 4 macam musim

Satu hal lagi yang saya salut, Turki dibawah pemerintahan PM Erdogan menjadi semakin maju dan alhamdulillahnya lebih Islami dibanding dahulu. Sebelumnya Turki dengan kebijakan yang tidak masuk akal melarang para muslimah berjilbab apalagi ke sekolah-sekolah. Padahal lebih dari 90 % masyarakat Turki adalah Muslim. Dan sekarang Erdogan menghapus kebijakan itu.

Jadi ingat kata teman saya, Erdogan mempunyai strategi politik yang baik, dia memang awalnya tidak berkampanye tentang kereligiusannya, karena dia tahu Turki itu sekuler. Namun setelah terpilih ia rubah dan semakin memajukan Turki sehingga menjadi 20 besar negara dengan ekonomi terbaik di Eropa. Barulah setelah sejahtera, ia tanamkan nilai2 Islam di negara muslim yg sekuler ini. Salah satunya dengan menghapus larangan berjilbab.

kedua, Tulip adalah lambang dari negara turki, jadi bukan Belanda, dan di Gulhane Park dapat menemukan berbagai jenis tulip dan yang pastinya tulip putih kesukaan saya, alasan saya memberikan alamat blog ini adalah semoga saya teringat impian inginmelhiat tulip putih di negara asalnya aamiin.

ketiga, Halal. Ini salah satu hal yang penting untuk yang Islam. Jadi, untuk suasana seperti Eropa, makanan di Turki mungkin hampir 99% halal. Semua makanan halal, kecuali disebutkan kalau itu tidak halal. Jadi mungkin cari makan dimanapun gampang, 
ke empat, Visa on Arival. Nah ini salah satu pertimbangan utama dalam menentukan tempat tujuan wisata jika tak berkesempatan sekolah di sana. ga harus bolak balik  ke kedutaan  urus visa, foto sana sini, ataupun wawancara.Jadi, Turki salah satu jawabannya. Cukup membayar USD 25 kita sudah bisa masuk Turki selama 30 hari dan single entry. Tak perlulah itu mengajukan dokumen sana-sini bla bla.

ke empat, tak banyak alasan, saya yakin di turki saya banyak menemukan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat bagi diri saya sendiri maupun orang lain, 

Dan ini ada beberapa fakta tentang Turki (sumber : http://topikwisata.blogspot.com/2013/08/fakta-fakta-menarik-tentang-turkey-awal.html) 


1. Istanbul adalah satu-satunya negara di dunia yang dibangun di 2 Benua.
2. Turkey dikenal dengan 1 di antara 3 makanan paling terkenal dan istimewa di dunia.
3. Pernahkah anda mendengar tentang Trojan Wars. Yang pernah difilmkan di layar lebardan dimainkan oleh Brad Pitt berjudul Troy. Ini memang terjadi di belahan barat Turkey.
4. Gereja pertama yang dibangun oleh manusia (Gereja St Peter) adalah di Antioch, Turkey
5. Pemukiman manusia tertua di dunia di Catalhoyuk, Turkey ( Millenium ke 7 Sebelum Masehi)
6. St. Nicholas atau yang kita kenal dengan Sinterklas lahir di Patara dan menjadi Uskup di Demre, di bagian Mediterranean, Turkey
7. Ephesus dan Halicarnasus merupakan 2 dari 7 kejaiban dunia. Keduanya masih ada di Turkey.
8. Bahtera Nabi Nuh mendarat di Gunung Ararat (Agri Dagi) di bagian timur Turkey.
9. Makanan terakhir Nabi Nuh adalah puding asam manis (asure), hingga saat ini masih disajikan di Turkey.
10. Turkey negara yang memperkenalkan kopi ke Eropa dan memberikan Tulip kepada Belanda.
11. Konsili Ekumenis Gereja pertama kali di Turkey.
12. Menulis pertama kali digunakan oleh orang jaman purba di Anatolia dan piringan tanah liat pertama berada di reruntuhan Assyrian 1950 Sebelum Masehi
13. Julius Caesar mengutarakan “Veni, Vidi, Vici (Saya datang, Saya lihat< saya menang)” di bagian Black Sea Turkey waktu ia mengalahkan Pontus.\
14. Nama-nama besar dalam sejarah seperti Homer (penulis puisi), Raja Midas, Herodotus (Bapak sejarah) dan Santo Paulus lahir di Analtolis, Turkey.
15. Turkey memiliki ratusan pantai dengan “Blue Flag” (Penghargaan air terbersih Eropa” di area Mediterranean dan Aegean.
16. Alexander the Great menemukan dan memotong simpul Gordian di Ankara (ibukota Turkey), yang hingga saat ini simpul Gordian merupakan teknik dasar untuk membuat karpet Turkey
17. Turkey sangat kaya akan keanekaragaman tanaman. Jumlah jenis bunga di Turkey sekitar 9.000 dan 3.000 di antaranya endemik atau hanya dapat hidup di musim tertentu. Sedangkan di seluruh dataran Eropa terdapat 11.500 jenis Bunga.
18. Istanbul memiliki stasiun bersejarah yakni Sirkeci. Ini merupakan pemberhentian terakhir “Orient Express” yang menghubungkan antara Paris dan Constantinople dari 1883-1977. Agatha Christie merupakan salah satu penumpang di kereta terkenal tersebut.
19. Berdasarkan survey tahun 2000, terdapat 9000 jenis burung di dunia dan 453nya berada di Turkey..
20. Cherry diperkenalkan pertama kali di Giresun (bagian utara Turkey.
21. Orang-orang Hitite menjual gua kepada Abraham di mana tempat ia mengubur istrinya Sarah, Ketika Bangsa Israel dapang ke Palestina.
22. Gereja pertama yang didedikasikan untuk Bunda Maria berada di Ephesus.
23. Perjanjian pertama di dunia merupakan perjanjian Kadesh antara kerajaan Hitite dan Mesir.
24. Tulisan Neolithic manusia di dinding pertama ditemukan di Catalhoyuk, Turkey
25. Yang terakhir dan paling menarik, Berdasarkan Kitab Kejadian, bahwa Taman Eden dialiri oleh 2 sungai yang terpisah menjadi 4 aliran yang meninggalkan taman. 2 diantaranya di Tigris (Dicle) dan Eupharates (Firat) Muncul dari gunung di bagian timur Turkey.


nah ini tempat-tempat yang keren di Turki 




jadi tujuannya adalah belajar dan jalan-jalan, 
secuil demi secuil saya mencari informasi terkait beasiswa dari pemerintah Turki, searching pengalaman-pengalaman trik dan tips mahasiswa indonesia yang sudah lebih dulu berkesempatan untuk kuliah di turki, bahasa, culture sosial masyarakat turki, tujuan studi dan studi yang akan saya pilih nanti, yang masih berbau veteriner. 


Namun satu hal… Semoga keinginanku bisa berkunjung ke Turki tidak melebihi keinginanku bisa berkunjung ke Baitullah. Sebelum ke Turki, saya ingin terlebih dahulu ibadah di Baitullah bersama keluarga. Labbaikallaahummalabbaiik labbaika laa syariika laka labbaiik innal hamda waanni’mata laka wal mulk laa syariika lak.

Bagi siapapun yang berkeinginan ke Baitullah dan ke Turki, semoga Allah memampukan kita, dan menjadikan kita layak untuk berkunjung ke sana.. Aamiin Ya Rabb.

***

Dare to DREAM BIG! Share it! Fight! Tawakkaltu ‘alallaah for the result.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

qoute of the day #12

Aku tak perlu bilang, bukan? Kalau urusan perasaan, perempuan itu lebih mudah ber-isyarat daripada berkata- kata. Harusnya kamu tahu itu. Perempuan dilindungi Tuhan dengan rasa malu, apalagi untuk hal yang berhubungan dengan perasaan. Jadi, jangan pernah menunggu perempuan untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya, kamu harus mengerti isyaratnya. Mungkin, itulah salah satu alasan kenapa perempuan lebih suka laki-laki yang pengertian; agar hidupnya jauh lebih dimudahkan (NA,2014)

Islam Agamaku, Terimakasih Allah

Yaa Allah, terimakasih atas semua nikmat dan berkah yang Engkau berikan padaku.  Ampuni dosa-dosaku,  Saya ini seorang perempuan fakir ilmu, semua ilmu, apalagi ilmu agama, terkadang berfikir untuk menghafal surah-surahNya saja ndak hafal-hafal. seberapa perbandingan amal dan dosaku, pasti lebih banyak dosanya, Astaghfirullah... Allah,,,, Allah...Allah,  tapi terimakasih Allah atas hidayah yang engkau kasih ya Rabb. hidayahMu yang engkau turunkan kepadaku,  hidayah iman, hidayah islam. masih belum terlambat hingga akhirnya aku memeluk agama yang benar yaitu Islam.  kalau di hitung sudah hidup di dunia ini 23 tahun lebih 6 bulan, dan baru mendapat dan menemukan hidayahMu (iman islam), umur 13 tahun. baru 10 tahun memeluk islam, hidayah Allah memang tak bisa di duga, belum lagi dosa-dosa yang aku tanggung karena aku tak berhijab, baru umur 18 tahun aku berhijab. dan akupun baru tau setelah berjilbab tentang ayat yang menyuruh permpuan wajib berjilbab menutup aurat. 

Dreamteam

Dreamteam, sebuah kumpulan anak-anak gak jelas tapi punya visi yang sama, mereka terdiri dari 9 mahasiswa dari kedokteran hewan univ. Brawijaya angkatan 2008. awal terbentuk karena ada acara INTERVAL 2012 di UB berawal dari ingin menyatukan kegiatan-kegiatan dari berbagai lembaga akhirnya terbentuk lah kita. Faris nurhanafi biasa di panggil faris, dia menjadi leader dreamteam, karena dia memang sudah biasa memimpin. dia dulu aktif sebagai ketua DPM FKH UB 2 tahun berturut-turut, komting gametogenesis (angkatan 2008), ketua PK2MABA 2010 dan di tingkat univ kalau ga salah dia ikut pemuda apa gitu lupaa hehe Galuh Pawesrtri prameswari, cewek kece, tinggi kurus dan paling sering galaudiantara kita ini aktif juga di luar univ, dia sekertaris IMAKAHI pusat tahun 2012, IMAKAHI cabang juga, sering ikut-ikutan lomba juga, pernah ikut IVSA di korea. Christrina Dewi, cewek mungil, ini yang sering kita bully, dan kerjain, kasian banget deh, dia sering disebut sekertaris abadi, di BEM, di